Menjelajahi Aroma Manisnya Jepa Tarreang: Proses Sederhana Membuat Makanan Lokal dari Jewawut

Indonesia kaya akan keanekaragaman kuliner tradisional yang menggugah selera. Salah satu bahan makanan lokal yang menarik perhatian adalah jewawut. 

Jewawut (Setaria italica) , merupakan bahan makanan yang populer karena kandungan gizi yang melimpah. Bijinya kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Mengonsumsi makanan yang mengandung jewawut dapat memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. 

Salah satu keunggulan utama jewawut adalah kandungan seratnya yang tinggi. Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

Di Polewali Mandar, jewawut dikenal dengan nama "Tarreang". Jewawut bisa dijumpai di desa Lambanan, kecamatan Balanipa, kabupaten Polewali Mandar.

Berkat ajakan seorang teman, saya akhirnya bisa menginjakkan kaki di desa Lambanan, tempat masjid tertua di tanah Mandar. Kami ke sana unruk menikmati salah satu kuliner langka di Mandar yang dikenal dengan nama Jepa Tarreang.

Jepa Tarreang adalah kue tradisional berbahan dasar utama tepung jewawut. Bahan lain yang ditambahkan adalah kelapa parut, pepaya muda yang juga diparut dan gula merah. Semua bahan kecuali gula merah dicampur menjadi satu, lalu dipanaskan di atas wajan pipih dari tanah liat. Setelah matang, barulah ditaburi gula merah dan dilipat. 

Di desa Lambanan sendiri, jika habis panen jewawut, warga biasanya mengadakan syukuran dengan menghidangkan Jepa Tarreang dan secangkir kopi atau teh manis. Tamu yang datang pun bukan hanya warga desa saja tapi berasal dari Balanipa atau kecamatan lain. 

Saat bertanya pada salah satu ibu yang sedang membuat Jepa Tarreang, beliau mengatakan bahwa sudah terhidang lebih dari 70 baki besar Jepa Tarreang 😱. Luar biasa!

Setelah makan 2 potong besar Jepa Tarreang dan secangkir teh dan mengobrol sebentar, kami pun berpamitan pulang.

Bagi yang tertarik dengan kuliner ini, silahkan datang langsung ke desa Lambanan saat panen jewawut usai. 

Dengan mengeksplorasi langsung  kuliner tradisional berbahan dasar jewawut, kita dapat menghargai kekayaan kuliner lokal dan mendukung keberlanjutan budaya Indonesia.



Posting Komentar untuk "Menjelajahi Aroma Manisnya Jepa Tarreang: Proses Sederhana Membuat Makanan Lokal dari Jewawut"