Pseudocode adalah langkah-langkah tertulis yang membantu kita menyusun ide sebelum membuat program dengan bahasa pemrograman. Kadang-kadang, pseudocode yang kita buat masih panjang atau berulang sehingga sulit dipahami. Karena itu, perlu dilakukan revisi agar pseudocode lebih singkat, jelas, dan mudah dimengerti. Dengan merevisi pseudocode, kita bisa membuat alur penyelesaian masalah lebih teratur dan praktis. Hal ini akan membantu siswa kelas 9 untuk lebih mudah memahami logika program dan mengurangi kesalahan saat menuliskannya ke dalam bahasa pemrograman.
📌 Contoh 1 – Mudah (Menjumlahkan Dua Angka)
Versi Panjang:
START
Tulis "Masukkan angka pertama"
Baca angka1
Tulis "Masukkan angka kedua"
Baca angka2
jumlah ← angka1 + angka2
Tulis "Hasil penjumlahan adalah", jumlah
STOP
Versi Singkat:
START
input angka1, angka2
jumlah ← angka1 + angka2
output jumlah
STOP
📌 Contoh 2 – Sedang (Menentukan Bilangan Ganjil/Genap)
Versi Panjang:
START
Tulis "Masukkan sebuah bilangan"
Baca bilangan
Jika bilangan MOD 2 = 0 Maka
Tulis "Bilangan ini GENAP"
Jika tidak
Tulis "Bilangan ini GANJIL"
Selesai Jika
STOP
Versi Singkat:
START
input bilangan
IF bilangan MOD 2 = 0 THEN
output "Genap"
ELSE
output "Ganjil"
ENDIF
STOP
📌 Contoh 3 – Agak Sulit (Menentukan Nilai Lulus/Tidak Lulus)
Versi Panjang:
START
Tulis "Masukkan nilai ujian"
Baca nilai
Jika nilai lebih besar atau sama dengan 75 Maka
Tulis "Selamat, Anda LULUS"
Jika tidak
Tulis "Maaf, Anda TIDAK LULUS"
Selesai Jika
STOP
Versi Singkat:
START
input nilai
IF nilai >= 75 THEN
output "LULUS"
ELSE
output "TIDAK LULUS"
ENDIF
STOP
📌 Contoh 4 - Menghitung Jumlah Infaq Jumat
Versi Panjang:
START
Tulis "Masukkan jumlah kotak amal yang ada"
Baca n
total ← 0
Untuk i dari 1 sampai n lakukan
Tulis "Masukkan jumlah uang pada kotak ke-", i
Baca kotak
total ← total + kotak
Selesai Untuk
Tulis "Total infaq Jumat adalah", total
STOP
Versi Singkat:
START
input n
total ← 0
FOR i = 1 TO n
input kotak
total ← total + kotak
NEXT
output total
STOP
Posting Komentar untuk "Merevisi Pseudocode agar Lebih Efektif"