KARIR DAN STUDI LANJUT BIDANG INFORMATIKA

Disiplin ilmu Informatika adalah disiplin ilmu sains formal yang lahir dari bidang matematika (sebagai konsep formal) dan teknik elektro (sebagai elemen perangkat keras). Saat ini, Informatika telah menjadi suatu bidang ilmu tersendiri.  

1. Karier di Bidang Informatika

Mereka yang bekerja di bidang informatika jarang sekali mengatakan bahwa mereka bekerja di bidang informatika. Biasanya, mereka lebih cenderung menyebut mereka memiliki karier di bidang teknologi informasi atau yang dalam bahasa Inggris disebut information technology (IT). Belakangan, ada banyak profesional yang menggunakan berbagai macam posisi pekerjaan yang lebih spesifik seperti system analyst, back-end engineer, front-end engineer, dev-ops engineer, user experience designer, data scientist, product manager, hingga chief technology officer. “Posisi” tersebut terus berkembang dan berevolusi mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan industri yang sedemikian cepatnya.

Berdasarkan peran informatika, Prof. Denning membagi profesi di bidang informatika dalam tiga kategori, yaitu profesi yang sangat spesifik di bidang informatika, profesi yang sarat dengan informatika, serta profesi yang memberikan dukungan teknologi informasi. Contoh-contoh pekerjaan tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini!


Secara lebih spesifik, profesi di bidang informatika dapat dibagi-bagi menjadi beberapa posisi pekerjaan (job title) yang memiliki deskripsi serta tanggung jawab yang berbeda. Posisi-posisi tersebut senantiasa berkembang dan berevolusi. Akibatnya, bisa jadi ada posisi baru yang muncul, berubah, bergabung, atau berkurang. Ketika seseorang melamar pekerjaan, atau berusaha merekrut orang lain  untuk bekerja di usaha miliknya, deskripsi dan tanggung jawab ini perlu dicermati.


2. Studi Lanjut di Bidang Informatika 


Berdasarkan Computing Curricula tahun 2005, terdapat lima disiplin ilmu komputasi yang paling besar, yaitu seperti berikut.
  1.  Computer Engineering atau Teknik Komputer yang mempelajari perancangan dan pembuatan komputer dan sistem berbasis komputer. Hal ini dapat mencakup perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), serta komunikasi dan interaksi antara perangkat keras dan perangkat lunak.
  2. Computer Science atau Ilmu Komputer yang mempelajari teori dan algoritma untuk:
    • Pengembangan robotika, computer vision, sistem cerdas, bioinformatika, dan area lainnya;
    • perancangan dan implementasi perangkat lunak, seperti pembuatan program komputer; 
    • pembuatan teknologi untuk memanfaatkan komputer seperti World Wide Web, robot cerdas, dan analisis DNA manusia; dan 
    • pengembangan metode-metode penyelesaian masalah komputasi secara efektif dan efisien seperti: metode terbaik untuk menyimpan informasi dalam suatu basis data, pengiriman data dalam sistem jaringan komputer, atau menampilkan gambar-gambar kompleks. 
  3. Information System atau Sistem Informasi yang mempelajari pada integrasi solusi-solusi teknologi informasi dengan tujuan-tujuan bisnis dan organisasi untuk mencapai proses yang lebih efektif dan efisien. 
  4. Information Technology atau Teknologi Informasi yang mempelajari solusi-solusi teknologi komputer bagi organisasi bisnis, pemerintah, Kesehatan, sekolah, dan organisasi lainnya.
  5. Software Engineering atau Rekayasa Perangkat Lunak yang mempelajari pengembangan dan perawatan sistem perangkat lunak agar dapat bekerja dengan lebih reliabel, efisien, skalabel, dan terjangkau secara biaya untuk dikembangkan dan dirawat serta memenuhi kebutuhan penggunanya. 




Posting Komentar untuk "KARIR DAN STUDI LANJUT BIDANG INFORMATIKA"